Lika-liku pengalaman desain kontes

yeaaay...!! assalamualaikum....
akhirnya ada waktu juga buat update salah satu pengalaman satu saya di duna yang penuh dengan spekulasi dan terkadang malah maen curang. heii manusiawi sih kalo lagi butuh duit apa aja dilakuin untuk mendapatkan seseran dollar.. hmmmm $$$$$

okay sob! saya ini dari kecil hobinya emang menggambar, sampe sekarang udah gede saya merasa perkembangannya cuma sedikit, agak aneh ya hobby dari masa kecil kan biasanya kalo udah gede minimal bisa menunjukkan sebuah kualitas, tapi kalo saya kok ya biasa-biasa saja itu mungkin karena dulu pasa jaman SMP saya punya saingat berat dalam hal menggambar, saingan saya ini keren sob masih SMP amunisinya udah oke banget (ituu duluuuuu)...ya jadi kala itu di daerah desa semacam asal saya yang namanya crayon itu masih jarang ditemui (maklum dari daerah pelosok), jadi ngelihat saingan saya itu saya malah jadi minder banget mau nggambar, akhirnya dari situ saya kalo nggambar nggak sesering semasa sebelum ketemu sama saingan saya itu sob. entahlah... masih SMP kan labil, egonya tinggi, sama mentalnya teri. tapi apa kehendak taqdir sekarang? bukan maksud menjelek-jelekkan atau sombong saingan saya ini malah sepertinya tak menekuni bakatnya, alhasil sekarang malah jadi sopir angkutan, kemarin tak tawari desain juga udah gak hobby katanya, rasanya sayang sekali gitu bakat dia itu berlipat2 dari saya, meskipun di sisi lain lega karena saingan berkurang satu...heheheheh

ada cerita hikmah dibalik perkenalan saya dengan dunia crowdsourcing alias kontes-kontesan, jadi seakan-akan Allah mentaqdirkanku untuk menekuni dunia ini (kontes), mengenal crowdsourcing ini belum lama saya sob yaitu di bulan oktober tahun 2014 dan ceritanya sebelum bikin akun crowdsourcing saat saya dalam tugas kuliah KKN temen sekelompok itu ada yang make kaos item terus ada lambang 99design di belakangnya, udah itu aja dan saya gak terpengaruh untuk nanya-nyain kaos apa, buat dimana, harganya berapa dan lain sebagainya, tapi malah dia sendiri yang cerita kalo kakaknya itu suka dapet kerjaan dari luar negeri dengan pendapatan berjuta-juta perbulannya, dia cerita gitu karena lihat saya otak-atik corel dan saat itu juga saya tanya bagaimana? kok bisa? dia malah jawab "...rahasia, entar lo malah kepengen, intinya kerja online"...hmmm gue zodiak taurus tipe stalker kalo di kasih hal yang bikin penasaran pasti bakal saya buru sampe ketemu, akhirnya googling dah....kerja online....cara dapat berjuta-juta perbulan.... sedikit demi sedikit saya nemu website crowdsourcing, yang pertama saya temuin adalah designcontest(dot)com sama  info kontes logo(dot)blogspot(dot)com, hahahah lokal neeeh.... meskupun saya belum yakin kalo ini adalah yang dimaksud temen saya itu. pada awal itu juga langsung bingung, karena saya 0 besar tentang crowdsourcing ini untuk format mainnya. jadi lam kelamaan saya malah lupa. dan sesuatu hal terjadi secara tiba-tiba saat keluarga saya mengalami kesulitan finansial dan ibu saya sakit kala itu berobat ke seorang dukun di daerah salaman (Magelang-Jawa Tengah), sekembalinya kerumah Ibu saya menceritakn hal yang entah kenapa kalau dipikir-pikir ya aneh juga ya, kok bisa-bisanya Ibu saya yang hanya seorang penjaga toko kelontong ini ada topik pembicaraan dengan seseorang yang baru Ibu saya kenal dirumah dukun tersebut tentang mendesain, saya juga gak bisa bayangin bagaimana topik obrolan itu terjalin yang jelas Ibu saya menyuruh saya untuk kapan-kapan disuruh main kerumah seseorang yang Ibu saya ajak berbincang dirumah dukun tersebut katanya mau diajarin desain. --namanya mas Anwar warga kaliabu Salaman magelang ini adalah seorang rumah tangga biasa dan tidak ada background pendidikan dalam hal mendesain, dari beliaulah saya mengerti lebih banyak tentang mendesain dan tips-trickny untuk memperoleh dollar di website ternama asala amerika yaitu 99design.com. dari sinilah saya memulai menemukan passion saya sebagai seorang pencari kesempatan dengan jalan spekulasi mensubmit design logo dalam format kontes di website 99designs.com, yang akhirnya saya menang beberapa kali namun ternyata Allah selalu merencanakan sesuatu dibalik suatu peristiwa karena uang hasil desain tersebut banyak saya gunakan untuk membiayai pengobatan Ibu saya yang terkena penyakit kanker Payudara dan perawatannya selama kurang lebih 10 bulan dan akhirnya Allah memanggil ruh Ibu saya untuk kembali kepangkuannya pada november 2015. selama Ibu saya masih ada saya sudang menghasilkan puluhan juta, ukuran yang tidak banyak untuk kalangan expert, dan jumlah yang fantastis mengingat modal saya adalah laptop yang aslinya adalah untuk mengerjakan tugas kuliah. hikmahnya adalah Tuhan selalu merencanakan sesuatu untuk sesuatu yang lain hal itu untuk mengingatkan kita agar tidak lalai untuk selalu mohon petunjuk atas hal apapun yang terjadi, belum tentu kemenangan yang kita raih adalah selalu kabar baik karena hanya Allah yang Maha Menguasai.

sempat down beberapa bulan akhirnya tergerak lagi untuk memulai rutinas spekulatif dalam dunia crowdsourcing dengan target perbulan minimal satu kali kemenangan, dengan perhari memasuki 2-3 kontes dengan harapan semakin banyak membuka peluang maka akan semakin banyak memperoleh hasil dan ternyata konsistensi itu memang perlu dilakukan karena dari hal itulah peluang-peluang memperoleh kemenangan semakin terbuka. dalam 6 bulan terakhir buktinya setiap bulan saya pasti ada kemenangan, terkadang 1, terkadang dua dan ada satu bulan yang sama sekali tidak menang karena memang dalam saya mendesain tidak maksimal mengingat saya harus mengurus penyelesaian skripsi saya, tapi hasilnya Allhamdulillah sudah bisa biayain kuliah sendiri. jadi point pentingnya adalah KONSISTENSI karena saya pikir itu adalah cara yang paling rasional untuk memperoleh banyak peluang. point plus buah darim kekonsistenan adalah kemahiran dalam mendesain, jadi sebetulnya meskipun kita gak menang sekalipun kita u8dah dapat hasil lain yaitu peningkatan kualitas desain, saya sarankan untuk sering membuka tab recent winner di website 99design untuk memantau ide ide atau style yang sedang trend.

akhir kalimat saya mohon maaf apabila banyak kekeliruan dalam menyusun entri ini, mari berkomentar yang sopan, saling menghargai sesama, dan tukarkan pengalaman anda siap tahu suatu saat kita adalah partner bisnis yang baik. terima kasih. wassalamualaikum.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »